SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-06-2020
  • 3 minggu yang lalu / Masa kegiatan Belajar di Rumah diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.
  • 1 bulan yang lalu / Salamat kepada Taruna/i SMKN 1 Gebang seluruhnya telah menyelesaikan tugasnya sebagai siswa (Purna Siswa) semoga menjadi pribadi yang sukses.
  • 1 bulan yang lalu / Pesantren kilat akan dilakukan melalui Daring
Cegah Penularan COVID-19, Siswa Laksanakan Pembelajaran Online

Mewabahnya virus Corona (COVID-19) akhir-akhir ini membuat beberapa pemerintah daerah mulai mengambil sikap. Di antaranya, meliburkan sekolah sebagai suatu upaya untuk mencegah sekaligus mengurangi penyebaran virus Corona. Tak sedikit pula dari instansi pendidikan yang memberlakukan E-learning atau kelas online untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara resmi meniadakan aktivitas belajar mengajar siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA di sekolah, sebagai tindak lanjut menyikapi situasi terakhir terkait penyebaran virus Corona (Covid-19) yang eskalasinya terus menunjukkan peningkatan.

Hal ini sesuai Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat nomor: 443/3302-Set.Disdik tanggal 15 Maret 2020 perihal Pelaksanaan Ujian Nasional dan Kegiatan Belajar Mengajar pada Satuan Pendidik di Jawa Barat maka pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan di rumah masing-masing.

Pada dasarnya E-learning merupakan suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Menerapkan E-learning di tengah situasi virus Corona bukan saja bermanfaat untuk melindungi para siswa dari penyebaran virus Corona, melainkan menerapkan E-learning juga bisa membangun rasa percaya diri dan kemandirian dari para siswa.

Elearning ini juga dilaksanakan di SMKN 1 Gebang, terutama di kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Kamis, 16 April 2020 Siswa TKJ SMKN 1 Gebang melaksanakan pembelajaran online/ daring (dalam jaringan) melalui Sinau Online.

Sinau Online ini merupakan salah satu learning management system (LMS) berbasis Moodle yang sudah disiapkan dan didesain sedemikian rupa oleh guru untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama beberapa waktu ke depan. Melalui Sinau Online ini siswa juga dapat bertatap muka melalui Video Conference dengan siswa maupun guru.

Salah satu keuntungan dari elearning ini siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun meraka mau. Karena Sinau Online ini dapat akses dimana saja melalui smartphone, laptop/ komputer. Dalam elearning ini berisikan materi –materi pembelajaran yang bisa dibuat semenarik mungkin yang dapat membuat perserta didik lebih tertarik dalam mengikutinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Maps Sekolah