SEKILAS INFO
02-12-2020
  • 6 bulan yang lalu / Masa kegiatan Belajar di Rumah diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.
  • 7 bulan yang lalu / Salamat kepada Taruna/i SMKN 1 Gebang seluruhnya telah menyelesaikan tugasnya sebagai siswa (Purna Siswa) semoga menjadi pribadi yang sukses.
  • 7 bulan yang lalu / Pesantren kilat akan dilakukan melalui Daring
17
Jul 2020
0
Best Practice: Sinau Online, Bimbingan Prakerin Online TKJ yang menyenangkan (1)

Moodle

Electronic Learning atau pembelajaran elektronik merupakan proses pembelajaran menggunakan perangkat internet, pembelajaran elearning dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja. Sehingga siswa dapat mengikuti materi yang sudah disiapkan guru dalam fasilitas elearning. Moodle merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek. Penggunaan Moodle merupakan sebuah alternatif cara belajar yang baru. Siswa dan guru tidak berada dalam ruang dan waktu yang sama. Meskipun demikian, proses belajar dan mengajar tetap dapat berjalan dalam lingkungan virtual. Oleh karena itu, elearning sering disebut juga dengan Virtual Learning Environment. Setiap pembelajaran, pengajar dan peserta didik melakukan aktifitas pengajaran dan pelatihan secara online. Pengembangan Moodle didesain untuk mendukung kerangka konstruksi sosial (kolaborasi, aktifitas, kritik, refleksi, dan sebagainya) dalam pendidikan. Oleh karena itu, Moodle benar-benar sesuai digunakan di lingkungan pendidikan. Di samping itu, Moodle bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan kultur yang ada di Indonesia.

Fitur-fitur Moodle

Banyak fitur-fitur/ aktifitas yang dapat digunakan di dalam moodle. Diantaranya: assigment, chat, forum, quiz, survey, attendance, video conference, dan masih banyak lainnya. Salah satu yang ingin saya sampaikan disini adalah dengan menggunakan moodle, kita bisa membuat Bimbingan Prakerin (Praktik Kerja Industri) secara online. Pelaksanaan pembelajaran di SMK dilakukan dengan cara pembelajaran learning by doing yang diimplementasikan dalam bentuk pelatihan di dunia kerja yang sering disebut dengan Pratik Kerja Industri (Prakerin). Menyikapi kondisi akhir-akhir ini, dimana sekolah-sekolah diliburkan (belajar di rumah), pemberlakuan PSBB di beberapa wilayah Indonesia guna memutus persebaran COVID-19, bimbingan online sangat membantu siswa SMK yang sedang kesulitan menyusun laporan Prakerin. Seperti halnya ketika kita menambahkan sebuah course/ mata pelajaran dalam moodle, untuk membuat sebuah mata pelajaran bimbingan Prakerin, kita cukup membuat sebuah course baru. Beberapa konfigurasi yang saya gunakan antara lain:
  • format: Topic format
  • Show gradebook to students: Yes
  • Show activity reports: Yes
  • Maximum upload size: 5Mb
  • Enable completion tracking: Yes
Selanjutnya kita menambahkan beberapa aktifitas yang sesuai dengan skenario kita untuk bimbingan online Prakerin. Beberapa aktifitas yang saya tambahkan, diantaranya: forum, assigment, database, bigbluebutton, lesson, dan certificate.

Assigment

Aktifitas ini saya gunakan untuk mengunggah file tugas siswa. Tugas berupa resume kegiatan siswa selama melaksanakan Prakerin. File tugas siswa dapat berupa file word maupun berupa gambar/ foto (siswa menulis dalam buku kemudian memfoto tulisan tersebut). Kita juga dalam membatasi berapa besar file yang akan diunggah oleh siswa, misal 2Mb. Di dalam kursus ini, saya menggunakan assigment untuk aktifitas Tugas-1, Tugas-2, Tugas-3, dan Unggah Laporan Prakerin.

Database

The database activity module enables participants to create, maintain and search a collection of entries (i.e. records). The structure of the entries is defined by the teacher as a number of fields. Field types include checkbox, radio buttons, drop-down menu, text area, URL, picture and uploaded file. Database activities have many uses, such as A collaborative collection of web links, books, book reviews, journal references etc For displaying student-created photos, posters, websites or poems for peer comment and review. wiki moodle: https://docs.moodle.org
Merujuk pada dokumentasi moodle, aktifitas ini dapat kita manfaatkan sebagai portal untuk mengunggah foto-foto kegiatan siswa selama melaksanakan Prakerin. Disamping itu, aktifitas ini juga dapat digunakna untuk menuliskan daftar Judul Laporan Prakerin oleh masing-masing siswa. Di dalam kursus ini saya menggunakan database untuk 3 aktifitas, yaitu: Dokumentasi Kegiatan Prakerin (2), Dokumentasi Kegiatan Prakerin (3), dan Daftar Judul Laporan Prakerin. Kita juga dapat memberikan penilaian (rating) pada masing-masing foto/ judul laporan. Siswa juga dapat berinteraksi dengan guru melalui komentar yang terdapat pada bagian bawah foto/ judul laporan. Bersambung Best Practice: Sinau Online, Bimbingan Prakerin Online TKJ yang Menyenangkan (2)

Data Sekolah

SMK Negeri 1 Gebang

NPSN : 20253778

Jl. Raya Gebang Ilir, Perum Gebang Permai No.1, Gebang, Cirebon
KEC. Gebang
KAB. Cirebon
PROV. Jawa Barat
KODE POS 45194

Kategori

Kontak Kami

SMKN 1 Gebang

Jl. Raya Gebang Ilir, Perum Gebang Permai No.1, Gebang, Cirebon

Phone (0231)8840267

Follow us

Video Terbaru

×