SEKILAS INFO
04-12-2020
  • 6 bulan yang lalu / Masa kegiatan Belajar di Rumah diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.
  • 7 bulan yang lalu / Salamat kepada Taruna/i SMKN 1 Gebang seluruhnya telah menyelesaikan tugasnya sebagai siswa (Purna Siswa) semoga menjadi pribadi yang sukses.
  • 7 bulan yang lalu / Pesantren kilat akan dilakukan melalui Daring
15
Jul 2020
3
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dalam Pandemi COVID-19 yang Kekinian

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru akan segera dimulai namun kondisi penyebaran Covid-19 masih tinggi, Lebih dari 91% populasi siswa di dunia ini dipengaruhi oleh  penutupan sekolah dampak pandemik COVID 19 (UNESCO). Survei KPAI mengungkapkan bahwa 139 (17,5%) dari 800 orang anak di Indonesia terpapar corona, 80% orang tua siswa menghendaki tetap belajar dari rumah, Maka perlu adanya alternatif dalam pelaksanaan MPLS khusus Siswa Baru.

Skenario pemerintah dalam pembukaan sekolah hanya pada zona hijau

  • Memperhatikan protokol kesehatan; diperhitungkan secermat-cermatnya dan tetap selalu berdisiplin menjalankan protokol kesehatan.
  • Pembuatan SOP KBM, pengawasan dan penerapan sanksi jika peraturan protokol Kesehatan dilanggar.
  • Inovasi pembelajaran yang inovatif, Kreatif dan peningkatan mutu pembelajaran.
  • Menyediakan sarana pembelajaran yang menunjang efektivitas blended learning

Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Koneksivitas Pandemi Covid-19 BELAJAR  DARI RUMAH, MPLS luring dan daring :

  • Mengutamakan penghargaan bukan hukuman
  • Pendidikan keluarga
  • Pengenalan lingkungan sekolah
  • Secara daring dan luring

Begitu pula dengan sekolah yang berada di Kabupaten Cirebon ini, berada di Cirebon Timur, Kecamatan Gebang, SMKN 1 Gebang, Sekolah ini menggunakan sistem daring dalam MPLS (Masa Pengenalan Lingkusan Sekolah)nya, walau Kabupaten Cirebon ini termasuk zona kuning namun Kepala Sekolah SMKN 1 Gebang mengambil langkah besar untuk membantu program pemerintah ini, Beliau berniat menggunakan daring dan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada pada masa ini, dengan bermodal Aplikasi yang mudah di gunakan dengan Mobile Phone ataupun Laptop, dan melihat celah bahwa anak – anak dalam jenjang SMP sudah memegang Mobile Phone tersebut.

Sebelum kegiatan dimulai para calon siswa/i diberi pengarahan oleh tiap tiap wali kelas mereka melalui media sosial yang ada, walikelas memberi pengarahan tentang bagaimana kegiatan MPLS ini akan berjalan dan juga memberikan link untuk menuju program yang disediakan, selain itu walikelas memberikan jadwal kegiatan tersebut agar mendapat rujukan tentang waktu kegiatan tersebut.

mpls-online
Pengambilan Gambar Untuk MPLS

Senin, 13 juli 2020, adalah hari awal untuk para siswa/i melaksanakan kegiatan MPLS tersebut, diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Gebang bapak Ikhwanudin S. Pd, dengan sambutan dari bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Gebang mungkin berguna untuk menambah antusias peserta didik baru dalam mengikuti program ini, dilanjut dengan sambutan dari para Wakil Kepala dalam menerangkan sistem yang ada di sekolah SMKN 1 Gebang ini, bukan hanya menerangkan sistem sekolah namun juga keunggulan dari SMKN 1 Gebang ini yang berbeda dengan sekolah SMK lainnya  yaitu sistem sekolah yang berbasis ke Taruna-an, dengan berbasis tersebut menambah antusiasme para peserta didik baru untuk segera melakukan pembelajaran di sekolah.

Kegiatan tersebut terus berlanjut sampai dengan 17 juli 2020 dalam daring, walau dalam kondisi seperti ini para penyelenggara tetap melakukannya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didik baru kegiatan agar kegiatan menjadi menarik.

Dalam keadaan seperti ini pemerintah melakukan tindakan yang sangat berhati – hati agar bisa menutup rantai virus COVID-19 ini, walau mengorbankan pendidikan tatap muka demi menekan virus COVID-19 pemerintah sigap melakukan tindakan yang sangat efisien untuk tetap menjalankan pembelajaran walau hanya melalui daring, kita yang hanya bisa berdiam dirumah bisa menjadi pahlawan pada masa ini karena ikut membantu menekan virus COVID-19 ini.(MAP)

Saud Freddy, Wednesday, 15 Jul 2020

Selalu semangat untuk memajukan pendidikan umum nya, untuk SMKN 1 Gebang khusus nya

Reply

Hasanah, Wednesday, 15 Jul 2020

_Mari kita bekerjasama utk memajukan sekolah kita tercinta_

Reply

Ikbal Maulana, Thursday, 16 Jul 2020

Semoga makin jaya almamater ku

Reply

Data Sekolah

SMK Negeri 1 Gebang

NPSN : 20253778

Jl. Raya Gebang Ilir, Perum Gebang Permai No.1, Gebang, Cirebon
KEC. Gebang
KAB. Cirebon
PROV. Jawa Barat
KODE POS 45194

Kategori

Kontak Kami

SMKN 1 Gebang

Jl. Raya Gebang Ilir, Perum Gebang Permai No.1, Gebang, Cirebon

Phone (0231)8840267

Follow us

Video Terbaru

×