SEKILAS INFO
15-09-2020
  • 4 bulan yang lalu / Masa kegiatan Belajar di Rumah diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.
  • 4 bulan yang lalu / Salamat kepada Taruna/i SMKN 1 Gebang seluruhnya telah menyelesaikan tugasnya sebagai siswa (Purna Siswa) semoga menjadi pribadi yang sukses.
  • 4 bulan yang lalu / Pesantren kilat akan dilakukan melalui Daring
15
Jul 2020
0
PASKIBRA SMKN 1 Gebang Cirebon Mempersiapkan Video Demonstrasi Untuk Kegiatan MPLS Daring

Mewabahnya virus Corona (COVID-19) akhir-akhir ini membuat beberapa pemerintah daerah mulai mengambil sikap. Diantaranya, pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara Daring atau online.

Seperti yang Kita tahu, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal dengan Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan peserta didik baru dan memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru.

Tahun ini, dengan kondisi yang masih diterpa pandemi virus corona atau COVID-19, SMKN 1 Gebang Cirebon melaksanakan kegiatan MPLS dengan sistem daring (dalam jaringan) atau kerap dikenal dengan istilah online. Staff Batalion (OSIS SMKN 1 Gebang Cirebon) beserta ekstrakurikuler yang ada, dituntut untuk mempersiapkan video untuk mempromosikan organisasi atau ekstrakurikuler mereka kepada para peserta didik baru yang dikenal dengan Calon Taruna/i di sekolah ini.

Salah satunya adalah ekstrakurikuler PASKIBRA SMKN 1 Gebang Cirebon. Pada hari Selasa, 14 Juli 2020 ekstrakurikuler ini mempersiapkan videonya dengan sangat penuh semangat. Mereka “berjuang” dengan sangat gigih agar dapat menampilkan performa terbaiknya dengan semaksimal mungkin.

proses-pembuatan
Proses Pembuatan Video Demonstrasi

“Pendapat Saya untuk pembuatan video kemarin gampang-gampang susah, apalagi PASKIBRA hanya diberi jatah untuk latihan hanya 4 hari dengan kondisi yang sudah lama sekali tidak melaksanakan latihan seperti biasa, jadi harus ada pembiasaan terlebih dahulu dan belum lagi proses pembuatan videonya itu butuh beberapa jam agar video tersebut benar-benar siap untuk dipersembahkan ke Calon Taruna/i yang baru” ucap Ikbal Maulana selaku Pelatih PASKIBRA SMKN 1 Gebang Cirebon saat diwawancarai.

Seperti yang dikatakan oleh pelatih PASKIBRA SMKN 1 Gebang Cirebon, ekstrakurikuler ini hanya butuh 4 hari saja untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk pembuatan video demonstrasinya. Namun, dengan waktu yang sangat singkat ini, PASKIBRA dengan semaksimal mungkin mampu menyajikan performa terbaiknya.

“Kita sebagai anggota PASKIBRA SMKN 1 Gebang Cirebon harus selalu siap melaksanakan perintah yang diberikan, tidak peduli seberapa singkatnya waktu yang diberikan. Walaupun dengan kondisi pandemi seperti saat ini” ucap Ferdi Gusnanto sebagai salah satu anggota PASKIBRA SMKN 1 Gebang Cirebon menanggapi hal ini.

Tidak dipungkiri, bagi Taruna/i SMKN 1 Gebang Cirebon yang mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler pastinya mendapati kondisi “harus capek” ketika terdapat acara seperti ini. Tidak terkecuali dengan ekstrakurikuler PASKIBRA yang notabene-nya memiliki fisik yang kuat dan memiliki pedoman “siap tidak siap, harus siap”.

Tidak hanya tentang baris berbaris saja yang diajarkan dalam ekstrakurikuler PASKIBRA. Ekstrakurikuler ini juga mengajarkan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang memiliki kepemimpinan, kedisiplinan dan tentunya kekompakan yang harus dimiliki oleh setiap anggota organisasi atau ekstrakuriler.

Dengan ini, ekstrakurikuler PASKIBRA mengharapkan adanya peserta didik baru yang tertarik untuk bergabung menjadi salah satu anggotanya. Yang nantinya bisa menjadi salah satu Putra dan Putri terbaiknya untuk mewakili Kecamatan Gebang di kancah PASKIBRA Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah manapun tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana para peserta didik baru yang harusnya dapat mengenali lingkungan sekolahnya secara langsung, kini hanya dapat mengenal lingkungan sekolah beserta isinya dengan daring yang tentunya akan sangat berbeda kesan yang diberikan.

Dengan kondisi yang seperti ini, Kita harus mengikuti anjuran pemerintah. Tetap jaga jarak, jangan keluar rumah jika tidak terlalu diperlukan. Jadilah pahlawan masa kini. (Gusnanto)

Data Sekolah

SMK Negeri 1 Gebang

NPSN : 20253778

Jl. Raya Gebang Ilir, Perum Gebang Permai No.1, Gebang, Cirebon
KEC. Gebang
KAB. Cirebon
PROV. Jawa Barat
KODE POS 45194

Kategori

Kontak Kami

SMKN 1 Gebang

Jl. Raya Gebang Ilir, Perum Gebang Permai No.1, Gebang, Cirebon

Phone (0231)8840267

Follow us

Video Terbaru

×